Subhah Yuser Dan Unnab Kebanggaan Tukang Wirid

Tasbeh Yuser Dan Unnab

Yuser adalah nama tumbuhan (pohon) yang batangnya berwarna hitam dan harum baunya. Yuser tumbuh di dasar laut merah. Kayu yuser banyak digunakan sebagai Subhah (tasbeh) dan bahkan ia termasuk salah satu jenis tasbeh yang paling bagus dan utama. Oleh karenanya Sayidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu memilih tasbeh Yuser dalam melakukan wirid baik Lazimah, wazhifah dan lainnya. Tasbeh Yuser yang beliau gunakan dipatri dengan perak.

 

Sebagian ahli ma’rifah memuji tasbeh yuser dalam syairnya:

 

هو اليسر إن أردت عزا وراحة * وكنزا من الخيرات لا يتبدد
جليل محبب لــــدا الناس كلهم * ولونه صاف ذو نظارة أسود
يفوح بعطر المسك في كل ساعة * لتعلم باليقين أنه الأجــــــــــود
ويكفي افتخارا أنها السبحة التي * بها يذكر الشيخ التجاني أحمد

 

Artinya: Jika engkau ingin mendapatkan kemuliaan, kesenangan dan gudang kebaikan yang tak pernah habis, maka gunakanlah tasbeh Yuser. Berwibawa, disukai banyak orang. Warnanya hitam Indah bila dilihat. Menebarkan aroma misk setiap saat, agar diketahui dengan yaqin ia memiliki nilai yang sangat bagus. Cukuplah sebagai kebanggaan, sesungguhnya Yuser merupakan tasbeh yang selalu digunakan Sayidi Syekh Ahmad Tijani dalam berdzikir.

 

Seorang ulama kharismatik al-Imam al-Qadhi Ahmad Sukairij Radhiyallahu Anhu menyebutkan paling tidak ada dua alasan Sayidi Syekh Ahmad Tijani memilih tasbeh Yusser. Pertama: kayu Yuser memiliki bentuk indah dan aroma wangi yang bagus. sebagaimana dzikir itu sendiri merupakan sesuatu yang bagus dan indah, maka karenanya beliau memilih sesuatu yang indah dan bagus untuk berdzikir. Kedua: Adanya al-Fa’lul Hasan (alamat kebaikan) sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyukai al-Fa’lul Hasan.

 

Kata “Yusr” dalam bahasa arab bisa diartikan “kemudahan atau kekayaan”. Seseorang yang menggunakan tasbeh yuser berharap mendapat alamat kebaikan.

 

Guru kami al-Allamah Syekh al-Hasan Bin Muhammad Habib al-Jakkaniy Hafizhahullah berkata: Yuser ada beberapa macam jenisnya, ada yang hitam dan ada juga yang berwarna hitam kekuning-kuningan. Dan yang paling mahal harganya adalah yang hitam kekuning-kuningan.

 

Adapun Unnab adalah nama pohon yang warna batangnya seperti pohon zaitun berwarna agak kemerah-merahan dan enak dipandang. Tasbeh Unnab banyak digunakan oleh para ulama Tunis dalam berdzikir. 

 

Guru kami Sayid Abdul Karim Baqqasy al-Idrisiy al-Hasaniy Hafizhahullah  pernah mengatakan:

 

من أراد الفتح فعليه بالعناب، ومن أراد الغنى فعليه باليسر

 

Artinya: “Siapa saja yang ingin cepat mendapat futuh, maka hendaknya ia berdzikir menggunakan tasbeh dari kayu unnab. Siapa saja yang ingin jadi orang kaya, maka hendaknya ia berdzikir menggunakan Tasbeh dari kayu Yuser.

 

Ketahuilah, manfaat dan keutamaan serta gula-gula tersebut bukan berasal dari kayu atau batu yang kita pakai berdzikir, melainkan Allah Taala memberikannya lantaran semata-mata keberkahan dari dzikir yang kita baca.

 

Khadimul Majlis alMuafah

 

Satu pemikiran pada “Subhah Yuser Dan Unnab Kebanggaan Tukang Wirid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s