Ta’zhim Mendatangkan Keberkahan Ilmu (Kisah Ibnu Malik)

Keberkahan Ta’zhim Kepada Ulama

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Dikisahkan bahwa imam Ibnu Malik (600-672 Hijriyah) tatkala mengarang kitab alfiyyah (nazhom yang terdiri dari 1000 bait syair) tentang gramatika bahasa arab beliau merasa bahwa karya tersebut lebih unggul dari pada karya imam Yahya Bin Mu’thiy az-Zawawiy al-Maghribiy (wafat 628 Hijriyah) yang memang telah lebih dahulu mengarang kitab dalam
gramatika bahasa arab berbentuk syair yang bernama ad-Durarul Alfiyyah (ribuan mutiara) sebutan lainnya Alfiyyah Ibnu Mu’thiy. Kitab ini merupakan kitab gramatika bahasa arab yang pertama dalam bentuk nazham.

Ketika sampai bait:

وَأَسْتَعِينُ اللهَ في أَلْفِيَّهْ *** مَقَاصِدُ النَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ
Dan ku memohon pada Allah menjadikan Alfiyyah bisa mencakupi tujuan Ilmu Nahwu

تُقَرِّبُ الأَقْصَى بِلَفْظٍ مُوجَزِ *** وتَبْسُطُ البَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ

Mendekatkan yang jauh dengan lafadz yang ringkas, menyederhanakan dengan upaya yang padat.

وَتقْتَضِي رِضاً بِغَيْرِ سُخْطِ *** فَائِقَةً أَلْفِيَّةَ ابْنِ مُعْطِ

Yang menuntut keridhaan tanpa kebencian, Yang mengungguli Alfiyahnya Ibnu Mu’thi

فائقة لها بألف بيت *** ………..

Yang meluhuri dengan seribu bait, …………………..

imam Ibn Malik terkena musibah, tiba-tiba beliau lupa dengan apa yang telah dikuasainya. Ilmunya menjadi macet, laksana serut (ketam) tumpul buat menghaluskan kayu. Beberapa minggu kemudian beliau bermimpi bertemu dengan seseorang lelaki yang wajahnya bercahaya. Dalam mimpi itu beliau terlihat bermuram durja, kemudian lelaki yang wajahnya bercahaya itu menyapa beliau: Wahai fulan, apa yang sedang kau pikirkan? Beliau menjawab: “sudah beberapa hari ini aku sedang galau, sekonyong-konyong hafalanku hilang.” Lelaki itu bertanya: Apa yang sedang kau perbuat.” Beliau menjawab: “Aku sedang menyusun sebuah karya tentang bahasa arab ketika sampai bait:

فائقة لها بألف بيت *** ………..

Yang unggul dengan seribu bait, …………………..

Kaga disangka kaga dinyana, hilang semua ilmu yang ada dipikiranku. Kemudian lelaki itu berkata; “Aku akan sempurnakan bait tersebut;

فائقة لها بألف بيت *** و الحي قد يغلب ألف ميت

Yang mengunggulinya dengan seribu bait, orang yang hidup tentunya bisa menang jika melawan seribu orang mati.

Ketika mendengar lanjutan bait sayir dari lelaki itu, imam ibnu Malik terasa disuapin batu besar bahkan terasa diinjak-injak lal-lakkannta, Beliau sangat malu mendapat sindiran super dahsyat dan beliau yakin betul kalau-kalau lelaki itu adalah Imam Ibn Mu’thi. Akhirnya ketika terbangun dari tidurnya beliau langsung melanjutkan bait Alfiyahnya;

وَهْوَ بِسَبْقٍ حَائِزٌ تَفْضِيلاَ *** مُسْتَوْجِبٌ ثَنَائِيَ الْجَمِيلاَ

Namun beliau memiliki keutamaan karena sebagai pendahulu, yang mesti mendapat sanjungan yang indah

واللهُ يَقْضِي بِهِبَاتٍ وَافِرَهْ *** لي وَلَهُ في دَرَجَاتِ الآخِرَهْ

Semoga Allah memberi anugrah yang berlimpah dan derajat tinggi di akhirat untukku dan untuknya.

Setelah memberikan pujian dan doa kepada Imam Ibn Mu’thi, ujug-ujug Imam Ibn Malik mengingat semua ilmunya sehingga beliau dapat menyempurnakan kitabnya.

Dari kisah di atas, kita bisa mengambil I’tibar sebagai berikut:

– Keutamaan tetap dimiliki oleh para pendahulu sekalipun orang yang datang terkemudian membuat yang lebih bagus dari yang telah ada.

– Memberikan kritik kepada orang yang telah meninggal dunia jangan dijadikan sebuah kebanggaan lantaran orang yang diKritik tersebut tidak dapat memberikan pembelaan.

– Sombong itu adalah ketika kita merasa paling baik, paling benar dan paling-paling serta menolak kebenaran sehingga mudah memandang remeh orang lain.

– Cinta kepada ulama mewariskan keberuntungan yang besar di dunia dan akhirat. Tidak ta’zhim kepada ulama dapat menghilangkan keberkahan hidup.

– Keberkahan ilmu dapat diraih dengan memberikan pengabdian secara maksimal kepada guru.

Khadimul Majlis al-Mu’afah
Abu Mu’nyah H. Rizqi Dzulqornain

********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .

صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .

Khadimul Ma’had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy

Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s