Doa Untuk Dimudahkan Menikah

Faidah Doa Untuk Dimudahkan Menikah

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Ya Allah, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku

Doa ini terdapat dalam surat al-Qashash ayat 24. Doa tersebut dibaca oleh Nabi Musa ketika beliau sampai di kota Madyan. Di kota tersebutlah Nabi Musa menikah dengan anak Nabi Sua’ib.

Para Ulama ahli Tafsir mengatakan doa tersebut Mujarrab (terujicoba) memudahkan untuk menikah baik buat pria maupun wanita. Sangat baik apabila doa tersebut dibaca kapan saja teristimewa pula pada waktu-waktu ijabah seperti sepertiga malam, setelah shalat fardhu dan lain sebagainya. Hendaknya dibaca sebanyak-banyaknya dengan semangat disertai ikhlash dan khudur. Jika dibaca sampai 100 kali, 200 kali atau lebih dari itu, maka akan sangat bagus.

Doa di atas terdapat dalam kitab:

نفحات المسك العاطري بثبت وأسانيد الحبيب سالم بن عبد الله بن عمر الشاطري

Kitab sanad tersebut diijazahkan oleh Habib Salim Bin Abdullah Bin Umar al-Syathiriy kepada H.Rizki Zulqornain Asmat pada hari Jum’at tanggal 18 Muharram 1432 H/24 Desember 2010 M di kediaman beliau Tarim, Hadramaut.

Faidah Lain untuk memudahkan menikah:

  • Banyak membaca Istighfar
  • Membaca salah satu Asmaul Husna (يَا عَلِيُّ) sebanyak 7000 kali sehari semalam.
  • Membaca 700 kali sehari semalam salah satu Asmaul Husna                       (يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ)[1]

Bagi perjaka dan perawan yang sudah telat menikah atau duda dan janda  yang ingin menikah lagi, hendaknya ia memperbanyak membaca (surat al-Haj ayat: 27):

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ .

Amalan ini telah diijazahkan oleh Habib Muhammad Bin Alawiy al-Aidrus yang terkenal dengan sebutan Habib Saad kepada H. Rizki Zulqornain Asmat pada hari Rabu tanggal 16 Muharram 1432 H/22 Desember 2010 M di kediaman beliau Tarim, Hadramaut.


[1] Sayyid Alawiy Bin Ahmad Bin Hasan Bin Abdullah al-Haddad, Syarh Ratib al-Haddad (Tarim al-Hawiy 2005) h. 277.

165 pemikiran pada “Doa Untuk Dimudahkan Menikah

  1. Assalamualaikum ustad, insha allah bulan ini saya mau nikah, tapi calon suami saya selalu cepat marah dan kalau marah pasti kontak saya langsung diblokir, saya bingung ustad harus gimana, saya selalu berdoa agar dimudahkan semua urusan saya, saya izin mengamalkan nya ya ustad

  2. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Akhi Ukhti… doa kan saya agar bisa menikah dengan segera dengan calon istri saya… saya harap beda pulau yang menciptakan jarak cukup jauh antara kami, biaya yang kadang membuat rencana suci ini tertunda, dan kuliah yang masih di jalani, tidak menjadi penghalang bagi kami untuk menyempurnakan agama kami dan menghindari zina… Mohon doa ikhlas dari akhi ukhti yang dicintai Allah semuanya…
    mohon ijin mengamalkan amalan2 di atas…

    jazakumullah khairan katsiran…

  3. Assalamualaikum
    Mohon bantuan doanya, agar aku cepat menikah dg laki-laki yg sdh bgt dekat dg aku,
    Aku janda,anakku meninggal msh kecil, apa mgkn sy di sakiti mantan suamiku agar tdk bs menikah,krn prnah ada yg dekati aku utk dinikahi tp gagal.
    Aku ingin menikah utk menghindari dr zinah dan fitnah.

  4. Pa ustad dan kawan kawan semuanya tolong do’akan saya agar di berikan rejeki yg lancar untuk menikahi kekasih saya.
    Saya kasian dengan kekasih saya yang dudah menunggu nunggu untuk di nikahi.

    Minta doanya untuk semuanyaaa,,,

  5. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Pak Ustad mohon izin utk mengamalkan dan mohon Izasahnya.
    Syukron ustad,
    Jazakhallahu khairan kashiran.

  6. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Pak Ustad mohon izin mengamalkan Do’a dan Izasahnya.

    Jazakhallahu khairan kashiran ustad.

  7. Ustad saya minta ijazahnya agar cepat menikah dengan pasangan saya,.tp ortu saya blm ingin anknya mnikah, pdhl dlm agma mnikah itu lbh baik drpda dtunda2.

    • Izin mengamalkan ustadz
      Saya sudah bertunangan namun kami “saya dan pasangan” mempunyai masalah finansial, sehingga rencana pernikahan kami tertunda.
      Saya sudah bekerja namun calon siami saya belum bekerja masih melanjutkan studynya…. mohon izasahnya ustadz agar dapat disegerakan.

Tinggalkan komentar